Laman

Senin, 07 Januari 2013

Artikel Ilmiah "Bidang Ilmu Menggali Potensi Pariwisata dan Budaya"


BIDANG ILMU MENGGALI POTENSI PARIWISATA DAN BUDAYA; MENGUBAH PANDANGAN NEGATIF PANTAI KENJERAN MENJADI SARANA PENDIDIKAN MENUJU SURABAYA LEBIH BAIK
Oleh : Ellayin Faridha**


BAB I : PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Sumber daya pesisir pantai merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang sangat diharapkan. Mengingat sumber daya pesisir dapat memberikan jasa-jasa lingkungan (ekologi), pendidikan, perdagangan, pariwisata, perhubungan, dan lain sebagainya.
Tempat wisata Bahari yang bisa kita jumpai di Surabaya adalah Pantai Kenjeran.  Tepatnya di kelurahan Sukolilo kecamatan Bulak kota surabaya . Pantai Kenjeran terletak di sebelah timur kota Surabaya dan berbatasan langsung dengan wilayah pesisir. Terdiri atas lima kelurahan yakni: Sukolilo, Komplek AL, Kalijudan, Mulyorejo dan Ploso. Luas wilayahnya adalah 324 Ha.
Pantai yang dapat ditempuh dari pusat kota dengan waktu ± 30 – 45 menit dan memiliki luas ± 10 Ha. Dengan keadaan geografis, disebelah utara berbatasan dengan kepulauan Lor (kampung nelayan), sebelah timur berbatasan dengan selat madura, sebelah selatan berbatasan dengan Tbk.Deres dan sebelah barat berbatasan dengan R.E pantai mentari memiliki potensi yang luar biasa mulai dari keindahan alamnya, keanekaragaman hayati yang ada disana, maupun keunikan budaya masyarakatnya.
Namun di tengah-tengah masyarakat Pantai Kenjeran memiliki  kesan negatif sebagai tempat  anak-anak muda melakukan kegiatan yang tidak bermoral. Pada perayaan tahun baru 2012 saja ketua MUI Jatim yaitu K.H. Abdus Somad Bukhari yang banyak menerima laporan terkait alat kontrasepsi yang berserakan di pantai kenjeran,
Melihat fakta yang begitu miris, padahal remaja adalah tonggak masa depan bangsa. Tempat pariwisata yang seharusnya dijadikan sarana pembelajaran yang lebih efektif  karena dekat dengan alam ternyata nihil. Untuk itu dibutuhkan suatu wacana  lain dalam pengelolaan wilayah pesisir terutama pantai kenjeran sebagai sarana pendidikan.

B.       Rumusan Masalah
Bagaimana Konsep Pengembangan Pantai Kenjeran sebagai Sarana Pendidikan ?

C.      Tujuan
Untuk  memberikan gambaran konsep Pengembangan Pantai Kenjeran sebagai Sarana Pendidikan sehingga mampu mengubah pandangan negative masyarakat tentang pantai kenjeran yang secara fakta di jadikan anak muda sebagai tempat memadu kasih bahkan zina.

D.      Manfaat
Dapat memberikan konsep Pengembangan Pantai Kenjeran sebagai Sarana Pendidikan kepada pemerintah kota Surabaya dan pihak-puhak terkait
 
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
A.      Definisi Pantai
Pantai adalah perbatasan antara daratan dan laut, daerah peralihan antara daratan dan lautan sering ditandai dengan adanya suatu perubahan kedalaman yang berangsur-angsur. Pantai kenjeran termasuk dalam katagori Pantai Berpasir atau disebut dengan wilayah pesisir. Pantai berpasir merupakan pantai yang didominasi oleh hamparan atau dataran pasir, baik yang berupa pasir hitam, abu-abu atau putih.  (Anonim, 2002).
Dari pengertian tersebut terdapat karakteristik wilayah pesisir yaitu merupakan percampuran antara pengaruh darat, laut dan udara berupa keseimbangan yang dinamis dari suatu proses penghancuran dan pembangunan. Selain itu wilayah pesisir mempunyai karakteristik sebagai zona penyangga (buffer zone), merupakan habitat berbagai jenis unggas, dan memiliki gradian perubahan sifat ekologi yang tajam pada skala yang sempit.
 
B.       Potensi Pantai Kenjeran
1.    Sarana Wisata/ Hiburan
Pantai kenjeran memiliki panorama dan sumber daya alam yang dapat ditawarkan sebagai tempat wisata yang indah. Salah satu keunikan fenomena alam yang ada di pantai kenjeran yaitu pulau pasir yang berada di tengah-tengah selat madura. Keadaan ini menguntungkan bagi penduduk sekitar mereka menyewakan jasa penyewaan perahu bagi wisatawan yang berminat untuk mengunjungi pulau pasir.


 
 
 
 
 
 
 


Gambar a, Pulau Pasir yang berada di tengah pantai
 
 
 


Bagi penggemar layang-layang, biasanya pada hari-hari tertentu diadakan festival layang-layang tingkat Nasional dengan peserta dari berbagai pelosok tanah air. Bahkan pantai kenjeran juga di manfaatkan sebagai sarana olahraga.
 
 



 







Gambar b, Pantai Kenjeran untuk sarana olahraga
 
 
 
 

Berbagai hidangan khas lautpun juga tak ketinggalan, hal ini dibuktikan dari banyaknya penjual makanan yang dapat ditemui disini dan banyak yang menyediakan lontong balap makanan khas Surabaya, lontong kerang, dan pasar ikan yang berada di sekitar kenjeran. Selain itu untuk pengunjung lokal maupun luar kota apabila ingin membeli cindera mata juga disediakan tempat untuk membelinya. Hasil laut berupa ikan yang diolah sendiri oleh masyarakat sekitar juga dapat diolah menjadi kerupuk yang dijual ditempat ini.

2.    Hutan Mangrove
Pantai Timur Surabaya terbentang dari Kenjeran sampai muara Sungai Dadapan yang merupakan perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo dengan panjang pantai 26,5 km. Terletak pada 07 16’ 03 ‘’ LS- 112 50’ 31’’ BT, pantai timur Surabaya merupakan daerah estuari yang subur, tempat berbiaknya berbagai biota karena adanya suplai nutrisi yang terus-menerus dibawa ombak. Sungai-sungai yang mempengaruhinya adalah Sungai Wonokromo, Sungai Wonorejo, Sungai Dadapan dan Sungai Keputih.
Pantai Timur Surabaya merupakan pantai yang landai dengan kemiringan 0-3°, pasang surut 1,67 meter, kondisi tanah homogen (Sandyclay) dengan kedalaman tanah yang di  tembus akar 90 cm. Kondisi ini sangat sesuai bagi tumbuhnya mangrove, sehingga di sana mangrove di jumpai dapat tumbuh dengan baik (Arisandi, 2004).
Hasil observasi lapangan pada penelitian kali ini dengan data yang ada  pada LSM Ecoton tahun 1998 , melalui penelitian-nya Ecoton mengidentifikasikan terdapat 16 jenis mangrove dari 10  familia.
 
BAB III : PEMBAHASAN
Konsep Pengembangan Pantai Kenjeran sebagai Sarana Pendidikan
Konsep pengembangan pantai Kenjeran sebagai daerah wisata pendidikan dan kebudayaan perlu menjadi perhatian pemerintah kota Surabaya. Mengingat fungsi pendidikan sebagai dasar dari kemajuan suatu daerah dalam segala aspek kehidupan. Terlebih dengan penataan ruang pada lokasi yang baik, akan tercipta suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan semangat untuk belajar. Sarana Pendidikan yang dapat dikembangkan di Panatai Kenjeran antara lain :
1.        Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Riset
Dunia pendidikan tidak akan lepas dari penelitian dan pengembangan riset, oleh karena itu pembangunan sebuah laboratorium sebagai sarana penelitian dan pengembangan riset perlu dilakukan karena keanekaragaman hayati yang ada di panatai kenjeran sangat menunjang terwujudnya Pantai kenjeran sebagai Laboratorium penelitian dan Pengembangan Riset.
2.        Museum dan Perpustakaan Umum
Pembangunan Museum di kawasan Pantai kenjeran merupakan sarana yang tepat untuk memperkenalkan dan  mempelajari sejarah dan budaya Jawa timur. . Di dalam museum terdapat berbagai macam bentuk peninggalan-peninggalan sejarah dan koleksi benda-benda bernilai tinggi. Selain itu, pendirian museum pada daerah ini juga merupakan salah satu usaha untuk menjaga kelestarian budaya masyarakat setempat. Perpustakaan umum memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan suatu daerah. Oleh karena itu pembangunan sebuah perpustakaan umum pada Kenjeran akan sangat berguna untuk mencapai tujuan tersebut. Koleksi yang dapat disediakan bisa saja terfokus pada bidang maritim dalam kaitannya dengan usaha pengembangan bidang perairan dan perikanan.
3.        Sekolah Alam
Konsep sekolah alam yang dimaksud penulis adalah memanfaatkan potensi alam yang ada di pantai kenjeran sebagai sarana untuk belajar. Perlu dibangun sekolah alam secara berjenjang mulai dari tingkat Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. Khusus untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan, jurusan yang dapat dikembangkan dan patut mendapatkan perhatian lebih pada daerah ini adalah bidang perikanan dan perairan. Mengingat potensi utama Kenjeran sebagai daerah maritim. Pengadaan fasilitas yang memadai juga hendaknya diperhatikan, demi tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dimiliki.
 
 
BAB IV : PENUTUP
A.      Simpulan
Pantai Kenjeran merupakan obyek  wisata bahari kota Surabaya yang perlu diperbaiki tata kelolanya agar citra  negatif  pantai Kenjeran sebagai tempat para remaja melakukan tindakan mesum tidak lagi ada di tengah-tengah masyarakat. Karena sebenarnya pantai Kenjeran memiliki potensi yang luar biasa, baik keindahan alamnya, keanekaragaman hayati yang ada disana, maupun keunikan budaya masyarakatnya. Tentunya semua ini akan semakin mendukung konsep pengembangan pantai Kenjeran sebagai sarana pendidikan di Surabaya. 
B.       Saran
Hendaknya dalam pengkajian yang lebih mendalam mengenai topik ini, pemerintah kota Surabaya menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait  yang berkompeten serta memiliki visi dan misi yang sama untuk mewujudkan konsep Pantai Kenjeran sebagai sarana Pendidikan bagi masyarakat.


DAFTAR PUSTAKA
Arisandi,P, 2004, Mangrove Pantai Timur Surabaya Terancam Punah.
URL: http://www.terranet.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More